Rabu, 21 Mei 2014

Laporan Pelaksanaan Kaizen no Matsuri X

Pertama-tama tidak ada kata yang pantas terucap selain puji syukur ‪‎Alhamdulillah‬ karena event ‪Kaizen‬ no Matsuri X yang digelar pada 18 Mei 2014 kemarin telah berjalan dengan selamat, aman, dan tertib hingga akhir acara.


Selain berjalan dengan tertib, yang patut disyukuri adalah Kaizen no Matsuri X kali ini juga dipenuhi oleh pengunjung dari awal hingga akhir acara. Total sebanyak lebih dari 2000 tiket resmi terjual, dengan rincian 550an tiket presale dan 1450an tiket on the spot. Selain dari tiket resmi, ada pula pengunjung dari tiket free pass yang terdiri dari pengisi stand, pengisi acara, peserta lomba, para alumni, serta guru-guru pengawas dari sekolah yang jika dijumlah total semuanya akan mencapai 2400-2500 pengunjung.

Perform Farfalla Kurenai dan Pengunjung
Selain dari sisi pengunjung, Kaizen no Matsuri X juga menyelenggarakan bazaar dengan jumlah stand mencapai 46 stand, belum termasuk dua stand games (igo dan kingyou sukui) dan Maid Cafe. Meski stand yang ada sangat banyak, namun penyelenggaraan stand berlangsung baik, terbukti dari apresiasi positif dari para pengisi stand baik melalui komentar fan page maupun message yang diterima oleh panitia. Maid Cafe Kaizen yang mengadopsi tema Kunoichi X Maid Cafe juga mendapat respon baik, terbukti dari awal hingga akhir, cafe hasil kreasi tim kafetaria Kaizen ini selalu penuh dan laris oleh pengunjung.

Maid dan Kunoichi Kaizen
Maid Cafe Kaizen
Sedang dari segi acara, Kaizen no Matsuri X kali ini didukung oleh belasan pengisi acara yang terdiri dari band, tim kabaret cosplay, dancer, hingga pertunjukan seni bela diri. Kesemuanya mendapat respon positif dan tidak pernah sepi dari pengunjung yang memadati area tenda di depan panggung utama. Bahkan setelah pasca acara, banyak yang meminta video dari performer-performer yang tampil di Kaizen no Matsuri X.

Cabaret Kill la Kill
Penyelenggaraan lomba juga mendapat apresiasi positif dari para pengunjung terutama lomba-lomba yang perform di panggung. Lomba tersebut antara lain kompetisi vanguard, chara design, fanfic, cosplay, dance, dan parade j-band.

Cosplay Kuroko no Basket
Meski memiliki berbagai capaian positif, namun Kaizen no Matsuri X tetap tidak lepas dari kekurangan. Beberapa di antaranya adalah masalah ketersediaan air di toilet, hal ini diakui wujud ketidak siapan panitia dalam menghadapi ribuan pengunjung yang stay di area event yang tentu membutuhkan ketersediaan air yang besar pada fasilitas toilet. Serta beberapa keluhan seperti cuaca yang panas dan masalah sampah. Untuk sampah sendiri sudah diantisipasi oleh panitia dengan menaruh tempat sampah di sekitar event ditambah dengan kantong sampah di beberapa titik, serta beberapa panitia yang sigap dalam mengambil sampah yang berceceran, meski telah diantisipasi, tetap masih ada beberapa sampah yang terihat karena memang antisipasi panitia kalah jumlah dengan para pengunjung yang datang. Segala kekurangan tersebut akan menjadi bahan pertimbangan dan pelajaran bagi panitia, agar dapat memberikan yang lebih baik lagi di masa-masa mendatang.

Itasha di Kaizen no Matsuri X
Tidak lupa, ucapan terima kasih panitia haturkan kepada Bapak Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Surakarta beserta jajarannya yang telah memberi kepercayaan kepada panitia dalam menggelar event ini, kepada ibu Hj. Nur Aini, M.Pd selaku pembina ekskul bahasa Kaizen yang telah banyak membimbing panitia, kepada para sponsor dan media partner yang telah mendukung dan mempercayai panitia sebagai penyelenggara, kepada para pengisi stand atas kerja sama dan kepercayaannya, kepada para pengisi acara atas totalitasnya dalam setiap penampilan, dan tentu saja, para pengunjung Kaizen no Matsuri X atas senyumnya di sepanjang event.
Cosplay Kamen Rider Gaim
Akhirnya atas segala pencapaian event Kaizen no Matsuri X, baik dari jumlah pengunjung, jumlah stand, dan luas area Kaizen no Matsuri X kali ini. Ditambah apresiasi positif dari banyak pihak, terutama pengunjung dan pengisi stand, menjadikan event Kaizen no Matsuri X salah satu yang terdepan sebagai Japanese Festival di Soloraya, serta menjadi yang pertama dan terbesar. Semoga segala pencapaian ini dapat terus berlanjut dan lebih baik lagi, sesuai motto Kaizen "continuous improvement" yang selalu lebih dan lebih baik ke depannya.

Stand Igo Kaizen
Terima kasih, dan sampai jumpa di Kaizen no Matsuri selanjutnya. Arigatou gozaimasu.

***
"Anugerah terbesar seorang pendaki gunung adalah kembali dengan selamat, mencapai puncak adalah bonusnya" - Reinhold Messner, pendaki gunung, penakluk empat belas puncak tertinggi dunia.

sumber gambar : Page Event Kaizen no Matsuri X